Selamat datang di Website Resmi Nagari Koto Bangun Kecamatan Kapur IX KOTO BANGUN MEMBANGUN DENGAN HATI NURANI MARI BERSAMA KITA KAWAL PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI NAGARI KOTO BANGUN. JIKA ANDA MENEMUKAN KECURANGAN SEGERA LAPORKAN KEPADA WALI NAGARI. HP / WhatsApp 08116614411 ANDA PERLU TAU DAN WAJIB TAU...!!! MARI KITA CEGAH PENULARAN COVID-19 DENGAN DISIPLIN MENERAPKAN 5M. JANGAN TAKUT VAKSINASI KARENA TERBUKTI AMAN...! Mari lengkapi administrasi kependudukan dengan mudah hanya di Jempol Nagari Dukcapil Jempol Nagari adalah Jembatan Pelayanan online Nagari. Membahagiakan masyarakat NIKMATI LAYANAN MANDIRI NAGORI CODIEK HANYA MELALUI ANDROID. SEMUA DOKUMEN BISA DICETAK/DITERIMA DI RUMAH.

Artikel

YUS DT. PARPATIAH TAMPIL MEMUKAU PESERTA PELATIHAN DI KOTO BANGUN

21 Juni 2021 11:44:48  Administrator  425 Kali Dibaca  Berita Nagari

Koto Bangun, 18 Juni 2021

Budayawan Yus Dt. Parpatiah yang akrab dipanggil "Angku Yus" dari Balerong Grup Jakarta tampil sangat memukau saat memberikan materi tentang adat di depan KAN, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan lembaga-lembaga Nagari Koto Bangun pada acara Pelatihan Lembaga Adat yang dilaksanakan Pemerintah Nagari Koto Bangun. Walaupun saat ini sudah berusia 82 Tahun, "Angku Yus" masih kuat memberikan ceramah selama 4 jam tanpa ada yang meninggalkan tempat duduk.

Biodata Yus Dt. Parpatiah :

Nama/ TT Lahir Yusbir
7 April 1939 (umur 82)
 Sungai Batang, Agam, Pantai Barat Sumatra
Nama lain Yus Datuak Parpatiah
Pekerjaan Budayawan
Pengusaha
Tahun aktif 80-an-sekarang
Suami/istri Ermaini
Anak Elivia
Ervan
Ellen
Orang tua Abdul Jalil (ayah)
Syafiyah (ibu)

Kakek yang berasal dar Nagari Sungai Batang Maninjau ini dalam materinya menyampaikan bahwa  poin penting yaitu "Kita di ranah minang ini harus menanamkan hidup Adat basandi syara' , Syara' basandi kitabullah dan mari kita menteladani kepemimpinan Rasullullah SAW dengan 4 sifat wajib yaitu Shiddiq, Amanah, Fathonah, Tabligh"

Shiddiq artinya benar. Seorang rasul selalu benar dalam perkataan dan perbuatan.

Amanah artinya dapat dipercaya. Mereka dapat dipercaya untuk menyampaikan seluruh pesan yang diperintahkan oleh Allah, tanpa ditambah atau dikurangi.

Tabligh artinya menyampaikan wahyu. Seorang rasul adalah penyampai wahyu Allah kepada manusia. Sekalipun untuk menyampaikannya sangat pahit, bahkan mendapat rintangan berat.

Hal ini sesuai firman Allah surat Al Maidah ayat 67:

۞ يٰٓاَيُّهَا الرَّسُوْلُ بَلِّغْ مَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ مِنْ رَّبِّكَ ۗوَاِنْ لَّمْ تَفْعَلْ فَمَا بَلَّغْتَ رِسٰلَتَهٗ ۗوَاللّٰهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْكٰفِرِيْنَ - ٦٧

Wahai Rasul! Sampaikanlah apa yang diturunkan Tuhanmu kepadamu. Jika tidak engkau lakukan (apa yang diperintahkan itu) berarti engkau tidak menyampaikan amanat-Nya. Dan Allah memelihara engkau dari (gangguan) manusia. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir.

Fathonah artinya cerdas. Dengan kecerdasannya mereka dapat memberikan keterangan secara benar sehingga manusia dapat mengerti dan memahami hal yang diajarkan.

Sebagai muslim dan sebagai pemimpin, kita diharapkan dapat mencontoh sifat wajib rasul agar dapat menjadi orang-orang yang baik dan berguna bagi agama, nusa, dan bangsa.

Selain itu dalam sesi tanya jawab, "Angku Yus" juga menyampaikan mengenai era globalisasi sangat berpengaruh terhadap adat dan kebiasaan masyarakat. Namun beliau menekankan kebiasaan boleh berubah, namun nilai jangan pernah ikut berubah. Beliau mencontohkan pepatah "sakali aia dalam, sakali tapian barubah". Makna yang tersirat dalam kalimat ini mengatakan Tepian mandi yang berubah akibat banjir, namun yang namanya airnya tidak akan berubah, dia tetap mengalir dari hulu ke-muara, dia tetap membersihkan dan mensuncikan. Inilah yang diharapkan.

Menyangkut dengan jabatan sebagai Niniak Mamak, jadikanlah gelar Datuak itu sebagai Rem bathin, sebagai stabilisator keimanan dalam menghadapi kehidupan. Semua orang mengalamai masa- masa muda, masa nakal dan masa lepas kendali. Sebagai Niniak Mamak kita harus bisa menahan godaan syetan dan berfikir seribu kali untuk berbuat melanggar adat dan syara'. Sebab hukum sosial sangatlah pedih, sekali kita berbuat, banyak yang akan menanggung malunya seperti Isteri, anak, bako dan bahkan masyarakat nagari. Insya Allah kalau kita sayang dengan orang banyak, maka berfikirlah sebelum berbuat kejahatan, pungkas Dt. Parpatiah.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan sumber dana Desa ( DD ) 2021 sebanyak 7 juta Rupiah yang digunakan untuk Belanja barang perlengkapan ( ATK dan konsumsi ), Honorarium dan uang saku peserta dengan diikuti oleh 40 orang dari Lembaga - lembaga Nagari dengan para undangan khusus Bapak Camat Kapur IX, Bhabinsa Koto Bangun, PD/PLD, Bundo Kanduang serta undangan lainnya.(red)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Arsip Artikel

26 Juli 2021 | 10.769 Kali
Badan Permusyawaratan Desa Periode 2021 - 2027
04 Maret 2020 | 9.215 Kali
Visi dan Misi
29 Juli 2013 | 8.673 Kali
Profil dan Potensi Nagari
20 Agustus 2021 | 8.575 Kali
Pemerintahan Desa
26 Agustus 2016 | 8.485 Kali
SEJARAH NAGARI KOTO BANGUN
30 April 2014 | 8.280 Kali
Karang Taruna PPNKB KOTO BANGUN
05 Maret 2020 | 8.079 Kali
Wilayah Nagari

Sinergi Program

LAYANAN MANDIRI KEMENKEU SMART DUKCAPIL
KEMENDAGRI KEMENSOS BPJS
PPID 50 KOTA INFO COVID KOMINFO
Lapor SPT Tahunan

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:387
    Kemarin:521
    Total Pengunjung:425.182
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.186.94
    Browser:Tidak ditemukan

Wilayah Nagari

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jorong I Nagari Koto Bangun
Nagari : Koto Bangun
Kecamatan : Kapur IX
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26273
Telepon : 08116614411
Email : nagarikotobangun2002@gmail.com