Selamat datang di Website Resmi Nagari Koto Bangun Kecamatan Kapur IX KOTO BANGUN MEMBANGUN DENGAN HATI NURANI MARI BERSAMA KITA KAWAL PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI NAGARI KOTO BANGUN. JIKA ANDA MENEMUKAN KECURANGAN SEGERA LAPORKAN KEPADA WALI NAGARI. HP / WhatsApp 08116614411 ANDA PERLU TAU DAN WAJIB TAU...!!! MARI KITA CEGAH PENULARAN COVID-19 DENGAN DISIPLIN MENERAPKAN 5M. JANGAN TAKUT VAKSINASI KARENA TERBUKTI AMAN...! Mari lengkapi administrasi kependudukan dengan mudah hanya di Jempol Nagari Dukcapil Jempol Nagari adalah Jembatan Pelayanan online Nagari. Membahagiakan masyarakat NIKMATI LAYANAN MANDIRI NAGORI CODIEK HANYA MELALUI ANDROID. SEMUA DOKUMEN BISA DICETAK/DITERIMA DI RUMAH.

Artikel

MUSYAWARAH RDS DAN REMBUK STUNTING I TAHUN 2021

25 April 2021 01:38:47  Administrator  1.421 Kali Dibaca  Program Kerja

Koto Bangun, 23 April 2021

Rembuk stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2022, juga menjadi amanat Kementerian Desa terhadap pemerintah Nagari agar memprioritaskan penggunaan dana desa untuk pencegahan dan penanganan stunting.

Pelaksana dari rembuk stunting desa yaitu Kader Pembangunan Manusia (KPM). Adapun dalam prosesnya melibatkan Wali Nagari, Kaur TU dan Umum, Kasi Kesejahteraan (Kesra), BAMUS, LPM Nagari Koto Bangun Kecamatan Kapur IX perwakilan Bidan Desa, kader Posyandu, para kepala Jorong, Guru PAUD, Puskesmas Muaro Paiti, Karang Taruna, serta perwakilan dari PD/PLD. Kapur IX turut hadir dalam rembuk stunting ini sebagai peninjau.

Dalam presentasi yang disampaikan oleh Bidang gizi Puskesmas Muaro Paiti menyatakan bahwa ada peningkatan balita terindikasi stunting di Nagari Koto Bangun yaitu 23 orang atau setara dengan 13,4 %. Data ini berdasarkan hasil penimbangan massal pada bulan Februari 2021. Maka dari itu diharapkan komitmen bersama antara semua lembaga agar bisa menekan angka stunting ini dengan cara meningkatkan edukasi terhadap orang tua sianak, penanggulangan gizi oleh keluarga dan pemerintah nagari.

Dalam sambutannya Wali Nagari Koto Bangun Yusarlis Dt. Sutan Penghulu menyampaikan bahwa Pemerintah Nagari sangat peduli dengan pencegahan stunting. Untuk tahun 2021 sudah dianggarkan lebih dari 11 % pendapatan nagari untuk bidang kesehatan terutama pencegahan stunting. Tinggal komitmen bersama antara pemerintah, lembaga nagari dan juga yang paling penting para orang tua agar sama-sama bisa menekan angka stunting sengan cara meningkatkan asupan gizi pada 1000 hpk agar lahir anak-anak yang sehat dan SDM yang berkwalitas, pungkas Wali Nagari.

Dalam kesempatan itu juga forum menyatakan menyetujui dan menyepakati laporan KPM dan menetapkan angka stunting Koto Bangun sebanyak 23 orang. Selanjutnya juga langsung diserahkan bantuan pangan dan gizi dari Pemerintah Nagari untuk bulan Januari 2021 kepada 23 anak terindikasi stunting. Red/fajar

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Arsip Artikel

Sinergi Program

LAYANAN MANDIRI KEMENKEU SMART DUKCAPIL
KEMENDAGRI KEMENSOS BPJS
PPID 50 KOTA INFO COVID KOMINFO
Lapor SPT Tahunan

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:182
    Kemarin:536
    Total Pengunjung:739.725
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.129.247.196
    Browser:Mozilla 5.0

Wilayah Nagari

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jorong I Nagari Koto Bangun
Nagari : Koto Bangun
Kecamatan : Kapur IX
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26273
Telepon : 081365085130
Email : nagarikotobangun2002@gmail.com