Selamat datang di Website Resmi Nagari Koto Bangun Kecamatan Kapur IX KOTO BANGUN MEMBANGUN DENGAN HATI NURANI MARI BERSAMA KITA KAWAL PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI NAGARI KOTO BANGUN. JIKA ANDA MENEMUKAN KECURANGAN SEGERA LAPORKAN KEPADA WALI NAGARI. HP / WhatsApp 08116614411 ANDA PERLU TAU DAN WAJIB TAU...!!! MARI KITA CEGAH PENULARAN COVID-19 DENGAN DISIPLIN MENERAPKAN 5M. JANGAN TAKUT VAKSINASI KARENA TERBUKTI AMAN...! Mari lengkapi administrasi kependudukan dengan mudah hanya di Jempol Nagari Dukcapil Jempol Nagari adalah Jembatan Pelayanan online Nagari. Membahagiakan masyarakat NIKMATI LAYANAN MANDIRI NAGORI CODIEK HANYA MELALUI ANDROID. SEMUA DOKUMEN BISA DICETAK/DITERIMA DI RUMAH.

Artikel

NAGARI KOTO BANGUN TERIMA PENGHARGAAN TIGA BESAR PENILAIAN KOMPETENSI DAN TRANSPARANSI DD 2020.

22 Desember 2020 20:48:54  Administrator  614 Kali Dibaca  Berita Nagari

Koto Bangun, 22 Desember 2020

 

Gubernur Sumatera Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Provinsi Sumatera Barat telah selesai melaksanakan even tahunan yang bertajuk Penilaian Kompetensi dan Transparansi Dana Desa Tahun 2020 tingkat Provinsi Sumatera Barat. Dalam penilaian ini dikuti oleh 14 Kabupaten / Kota dan 14 Nagari utusan Kabupaten / Kota se Sumatera Barat. Kegiatan ini dilaksanakan berkat Inovasi Gubernur Sumatera Barat Bapak Irwan Prayitno dan hanya dilaksanakan di Sumatera Barat.

Dalam sambutannya Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Asisten I ( Bidang Pemerintahan ) SetdaProv. Bapak Devi Kurnia kemaren di Pangeran Beach Hotel mengatakan bahwa keterbukaan informasi tidak lagi barang tabu dan wajib sifatnya dilaksanakan di Nagari. Tidak ada lagi yang bisa dirahasiakan dalam administrasi Pemerintahan. Semua harus terbuka dan transparan sesuai dengan kehendak undang-undang Keterbukaan Informasi Publik. Jika ada Pejabat Publik termasuk Wali Nagari yang mencoba menutupi informasi, akan berhadapan dengan hukum, tegas Devi "pung" Kurnia. Karena itu mulailah bersikap terbuka kepada masyarakat dari setiap tahapan Penyelenggaraan pemerintahan. Misalnya saja Dana Desa, maka terbukalah sejak perencanaan, pelaksanaan hingga Monitoring dan pelaporan pungkas Gubernur.

Sementara itu Kadis PMD Provinsi Bapak Drs. H. Syafrizal, MM yang akrab dipanggil pak Ucok yang diwakili Bapak Azwar ( Kabid Pemerintah Nagari ) menyampaikan bahwa Penilaian Kompetensi dan Transparansi DD ini sudah dilaksankan sejak tahun 2017 dimana saat itu bertepatan dengan akan diperingati Hari Pers Nasional ( HPN ) 2018 di Sumbar. Penilaian Kompetensi dan transparansi ini dilaksanakan bekerjasama antara DPMD, PWI, Komisi Informasi dan Pamong senior Bapak H. Rusdi Lubis. Insya Allah kegiatan ini akan terus dilaksanakan setiap tahun dan bahkan akan ditingkatkan pada penilaian Kecepatan dan Ketepatan penggunaan Dana Desa di Nagari. ujar Pak Ucok.

Nagari - nagari pemuncak Penilaian Kompetensi dan Transparansi Dana Desa 2020 ini adalah :

1. Peringkat I ( Pertama ) diterima oleh Nagari Kumanis Kec. Sumpur Kudus Kab. Sijunjung.

2. Peringkat II ( Kedua ) diterima oleh Nagari Ujung Gading Kec. Lembah Melintang Kab. Pasaman Barat

3. Peringkat III ( Ketiga ) diterima oleh Nagari Koto Bangun, Kec. Kapur IX Kab. Lima Puluh Kota.

ketiga Nagari pemuncak ini dianugerahi Piagam Penghargaan, Trophy dan Hadiah Uang Tunai. sedangkan Pembina Dana Desa terbaik I adalah jatuh kepada Bupati Lima Puluh Kota Bap. Ir. H. Irfendi Arbi, MP disusul Bupati Pasaman Barat ditempat kedua dan Bupati Agam ditempat ketiga.

Bagi Nagari Koto Bangun  Anugerah ini merupakan prestasi yang tak ternilai harganya. Nagari sekelas Koto Bangun yang letaknya diujung Timur Provinsi dan berbatasan langsung dengan Provinsi Riau, dengan segala keterbatasan, bisa membuktikan kepada Tim Penilai bahwa Koto Bangun Khususnya dan Kecamatan Kapur IX pada umumnya tidak bisa lagi dipandang sebelah mata dalam keterbukaan informasi publik dan begitu juga Kompetensi wali Nagarinya, ujar Pamong Senior Bapak Rusdi Lubis.Dengan capaian ini beliau menyatakan akan datang bersama Tim Penilai lainnya ke Koto Bangun. Predikat Juara III itu merupakan anugrah yang sangat susah dicapai. Artinya tahun depan masih punya kesempatan untuk memperbaikinya, pungkas pak Haji.

Wali Nagari Koto Bangun menyampaikan rasa Puji dan syukur kehadirat Allah SWT dan ucapan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada Perangkat Nagari Koto Bangun, BAMUS Koto Bangun, KAN Koto Bangun, LPM Koto Bangun, Camat Kapur IX dan Forkopinca, PD/PLD Kapur IX, DPMD Kabupaten Lima Puluh Kota dan TA-P3MD Lima Puluh Kota dan teristimewa buat Bupati Lima Puluh Kota Bapak Irfendi Arbi yang telah membina dan bekerjasama dalam mewujudkan impian semua Nagari ini. Semoga Anugerah ini jadi penyemangat kita kedepan untuk bekerja lebih baik. Kita harus bangkit dari Keterpurukan, keluar dari keterasingan dan sejajar dengan Nagari-nagari di Daerah lain yang jumlahnya mencapai 1.044 Nagari di Sumatera Barat. Nagari kita boleh jauh dari Ibukota Provinsi, tapi kita harus berusaha mendekatkan dengan cara publikasi dan keterbukaan informasi, tutup Bapak Yusarlis, Dt. sutan Penghulu.(red)

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Arsip Artikel

26 Juli 2021 | 18.045 Kali
Badan Permusyawaratan Desa Periode 2021 - 2027
10 Maret 2023 | 13.437 Kali
PENYALURAN BLT DANA DESA TAHAP I TAHUN 2023
28 September 2021 | 12.308 Kali
TUPOKSI DAN WEWENANG WALI NAGARI DAN PERANGKAT NAGARI
26 Februari 2021 | 11.633 Kali
BUPATI DAN WAKIL BUPATI LIMA PULUH KOTA RESMI DILANTIK GUBERNUR
04 Maret 2020 | 10.141 Kali
Visi dan Misi
03 Maret 2020 | 9.588 Kali
PAPAN MONOGRAFI DESA
29 Juli 2013 | 9.189 Kali
Profil dan Potensi Nagari

Sinergi Program

LAYANAN MANDIRI KEMENKEU SMART DUKCAPIL
KEMENDAGRI KEMENSOS BPJS
PPID 50 KOTA INFO COVID KOMINFO
Lapor SPT Tahunan

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:301
    Kemarin:536
    Total Pengunjung:739.844
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.219.95.244
    Browser:Mozilla 5.0

Wilayah Nagari

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jorong I Nagari Koto Bangun
Nagari : Koto Bangun
Kecamatan : Kapur IX
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26273
Telepon : 081365085130
Email : nagarikotobangun2002@gmail.com