Selamat datang di Website Resmi Nagari Koto Bangun Kecamatan Kapur IX KOTO BANGUN MEMBANGUN DENGAN HATI NURANI MARI BERSAMA KITA KAWAL PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI NAGARI KOTO BANGUN. JIKA ANDA MENEMUKAN KECURANGAN SEGERA LAPORKAN KEPADA WALI NAGARI. HP / WhatsApp 08116614411 ANDA PERLU TAU DAN WAJIB TAU...!!! MARI KITA CEGAH PENULARAN COVID-19 DENGAN DISIPLIN MENERAPKAN 5M. JANGAN TAKUT VAKSINASI KARENA TERBUKTI AMAN...! Mari lengkapi administrasi kependudukan dengan mudah hanya di Jempol Nagari Dukcapil Jempol Nagari adalah Jembatan Pelayanan online Nagari. Membahagiakan masyarakat NIKMATI LAYANAN MANDIRI NAGORI CODIEK HANYA MELALUI ANDROID. SEMUA DOKUMEN BISA DICETAK/DITERIMA DI RUMAH.

Artikel

WABUP RIZKI KURNIAWAN DATANGKAN PRAKTISI DAN KONSULTAN UNTUK PENGEMBANGAN WISATA

30 Juni 2021 14:01:48  Administrator  583 Kali Dibaca  Produk Wisata dan kuliner Nagari

Koto Bangun, 29 Juni 2021

Wakil Bupati Lima Puluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri membuktikan janjinya untuk mengembangkan dan meningkatkan kunjungan wisata ke Lima Puluh Kota. Berbagai upaya sudah dilakukan dimana berawal dari meminta seluruh nagari untuk menyampaikan Wisata Unggulan di nagari yang dilengkapi dengan profil wisatanya dan yang terkini adalah dengan hadirnya seorang praktisi dan juga konsultan desa wisata dari Bali yaitu DR. Mangku Nyoman Kandia. Beliau adalah Ketua Umum Yayasan Desa Wisata Nusantara ( Dewisnu ) dan juga seorang English speaking Guide dari Awitour Bali. Bli Mangku (panggilan akrabnya) juga seorang Doktor bidang Heritage Tourism atau Wisata Sejarah dan beliau juga adalah trainer di sebuah lembaga pelatihan tenaga pengembang Desa wisata di Kawasan Ubud Bali serta beberapa jabatan lain yang dipangkunya. Arti kata, kompetensi beliau sudah tidak diragukan lagi kalau berbicara soal desa wisata.

Dalam satu minggu mengeksplorasi wisata yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota, Bli Mangku berkomentar bahwa pada dasarnya objek wisata disini sangat luar biasa indahnya dan juga kaya jenis pariwisata desa. "Rancak Bana" ucap beliau dengan logat Balinya. Namun berbicara soal wisata tidak saja menyangkut keindahan alam tapi banyak faktor yang harus  kita benahi/perbaiki. Beberapa hal yang bisa kami kutip dari penyampaian balk-blakan beliau yaitu :

  1. Prasarana jalan menuju kawasan wisata masih jauh dari layak;
  2. Pengelola atau Pokdarwis harus mengerti apa yang dia jual;
  3. Sarana pendukung ( WC/kamar mandi, Musholla, Parkir);
  4. Pengelolaan sampah;
  5. Edukasi masyarakat dan Pokdarwis.

Hal senada juga disampaikan beliau saat berada di kawasan Wisata Pemandian alam Patamuan dan air terjun Lubuak Batang, Nagari Koto Bangun. Beliau berharap kepada Bupati dan Wakil Bupati dan juga Wali Nagari agar bisa menyediakan anggaran untuk pelatihan Pemandu wisata dan juga jangan segan-segan menggunakan Dana Desa untuk pengembangan wisata.

Dalam kunjungan ini Bli Mangku didampingi oleh Staf Pribadi Wakil Bupati Bapak Mulyadi bersama dua staf Protokoler Wakil Bupati dan juga tiga orang Staf Dinas Pariwisata dan API Kapur IX. Didampingi pula Pokdarwis Patamuan dan Lubuak Batang, Ketua PKK Koto Bangun Ibu Novarina,S.Tr.Keb, Pendamping Desa Ondriyaldi bersama 21 mahasiswa KKN UNP Padang dan Ketua Pokdarwis Durian Tinggi Dedi Asmara.

Semoga kedepan dengan adanya kunjungan ini, wisata di Lima Puluh Kota makin maju apalagi didukung oleh Kepala Daerah dan Wakilnya yang berkomitmen penuh untuk memajukan Pariwisata di Kabupaten Lima Puluh Kota.(red)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Arsip Artikel

26 Juli 2021 | 18.041 Kali
Badan Permusyawaratan Desa Periode 2021 - 2027
10 Maret 2023 | 13.436 Kali
PENYALURAN BLT DANA DESA TAHAP I TAHUN 2023
28 September 2021 | 12.298 Kali
TUPOKSI DAN WEWENANG WALI NAGARI DAN PERANGKAT NAGARI
26 Februari 2021 | 11.629 Kali
BUPATI DAN WAKIL BUPATI LIMA PULUH KOTA RESMI DILANTIK GUBERNUR
04 Maret 2020 | 10.140 Kali
Visi dan Misi
03 Maret 2020 | 9.585 Kali
PAPAN MONOGRAFI DESA
29 Juli 2013 | 9.189 Kali
Profil dan Potensi Nagari

Sinergi Program

LAYANAN MANDIRI KEMENKEU SMART DUKCAPIL
KEMENDAGRI KEMENSOS BPJS
PPID 50 KOTA INFO COVID KOMINFO
Lapor SPT Tahunan

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:431
    Kemarin:969
    Total Pengunjung:739.438
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.221.112.220
    Browser:Mozilla 5.0

Wilayah Nagari

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jorong I Nagari Koto Bangun
Nagari : Koto Bangun
Kecamatan : Kapur IX
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26273
Telepon : 081365085130
Email : nagarikotobangun2002@gmail.com