Selamat datang di Website Resmi Nagari Koto Bangun Kecamatan Kapur IX KOTO BANGUN MEMBANGUN DENGAN HATI NURANI MARI BERSAMA KITA KAWAL PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI NAGARI KOTO BANGUN. JIKA ANDA MENEMUKAN KECURANGAN SEGERA LAPORKAN KEPADA WALI NAGARI. HP / WhatsApp 08116614411

Artikel

FORKOPIMCA KAPUR IX BERSAMA NAGARI GALANG KOMITMEN PENGELOLAAN PARIWISATA TERINTEGRASI

28 Januari 2021 00:16:35  Administrator  97 Kali Dibaca  Berita Lokal

Kapur IX, 27 Januari 2021

Camat Kapur IX bersama Jajaran Forkopimca dan seluruh Nagari di Kapur IX sepakat melaksanakan pengelolaan pariwisata di Kapur IX secara terintegrasi. Kegiatan ini dilaksanakan di UDKP Kapur IX. Hadir dalam kesempatan ini  Kapolsek, Danramil, seluruh Wali Nagari, Ketua BAMUS, Ketua KAN, Ketua Pemuda, Pokdarwis. Juga hadir utusan UPT Puskesmas Muaro Paiti dan Ketua UPK Batang Kapur.

Ferry Aryantoni,S.STP.M.Si

Dalam sambutannya Camat Kapur IX, Ferry Aryantoni, S.STP. M.Si menyampaikan bahwa  menindaklanjuti eksplorasi wisata Kapur IX yang dilakukan oleh seluruh praktisi dan pelaku wisata Sumbar maka tujuan pengelolaan pariwisata terintegrasi adalah demi tertibnya pengelolaan pariwisata di Kapur IX. Tujuannya tentu tak lain tak bukan agar wisatawan merasa aman dan nyaman. Biasanya sebuah tempat wisata akan mudah ditinggalkan pengunjung karena banyaknya pungutan yang tidak jelas dan tidak jarang terjadi pemalakan atau pemaksaan membayar diluar harga normal oleh orang yang kurang bertanggungjawab. Tujuan akhirnya tentu meningkatkan kunjungan wisatawan dan pasti lapangan kerja dan pendapatan masyarakat akan meningkat, pungkas Camat.

Setelah diadakan sesi diskusi banyak sekali usulan dan masukan terutama Wali Nagari Durian Tinggi Ardi Ekis, SH yang berharap walaupun di Nagari kami belum ada wisata alam yang memadai, namun kami punya wisata sejarah dan budaya diantaranya Tapak Candi  Koto Gilingan dan Rumah Gadang yang sudah berumur sekitar 300 tahun. Tentu semua butuh eksplorasi dan pengembangan, Ucap Ardi Ekis. Begitu juga Wali Nagari Sialang dan Koto Bangun pada dasarnya semua setuju, namun untuk jangka panjang tentu perlu keterlibatan semua fihak baik Pemerintah Kabupaten, Provinsi bahkan Pusat untuk pengembangan wisata. Bukan saja Insfrastruktur atau sarana prasarana, namun yang lebih lagi adalah mendidik masyarakat agar menjadi masyarakat yang sadar wisata sehingga Sapta Pesona bisa diwujudkan.

Akhirnya seluruh Wali Nagari dan peserta lainnya sepakat membentuk tim pengelola pariwisata Kecamatan Kapur IX yang Insya Allah diberi nama " KAPUR9TMC" ( District Tourism Management Center) atau Pusat Pengelolaan Pariwisata Kecamatan Kapur IX. 

Semoga terlaksana dan berjalan dengan lancar.red

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:60
    Kemarin:174
    Total Pengunjung:41.177
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.231.166.56
    Browser:Tidak ditemukan

Wilayah Nagari

Sinergi Program

KEMENDES
KEMENDAGRI
PPID 50 KOTA
KEMENKEU
KEMENSOS
INFO COVID
SMART DUKCAPIL
BPJS
KOMINFO

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jorong I Nagari Koto Bangun
Nagari : Koto Bangun
Kecamatan : Kapur IX
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26273
Telepon : 08116614411
Email : nagarikotobangun2002@gmail.com