Selamat datang di Website Resmi Nagari Koto Bangun Kecamatan Kapur IX KOTO BANGUN MEMBANGUN DENGAN HATI NURANI MARI BERSAMA KITA KAWAL PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI NAGARI KOTO BANGUN. JIKA ANDA MENEMUKAN KECURANGAN SEGERA LAPORKAN KEPADA WALI NAGARI. HP / WhatsApp 08116614411 ANDA PERLU TAU DAN WAJIB TAU...!!! MARI KITA CEGAH PENULARAN COVID-19 DENGAN DISIPLIN MENERAPKAN 5M. JANGAN TAKUT VAKSINASI KARENA TERBUKTI AMAN...! Mari lengkapi administrasi kependudukan dengan mudah hanya di Jempol Nagari Dukcapil Jempol Nagari adalah Jembatan Pelayanan online Nagari. Membahagiakan masyarakat NIKMATI LAYANAN MANDIRI NAGORI CODIEK HANYA MELALUI ANDROID. SEMUA DOKUMEN BISA DICETAK/DITERIMA DI RUMAH.

Artikel

SOSIALISAI DALAM RANGKA PENYULUHAN KELAS IBU HAMIL DAN CALON PENGANTIN TAHUN 2022

20 April 2022 12:46:54  Administrator  57 Kali Dibaca  Produk Wisata dan kuliner Nagari

Koto Bangun, 20 April 2022

Penyuluhan kelas ibu hamil dan calon pengantin tahun 2022 dilaksanakan pada hari Selasa 19 April 2022 di Aula Pertemuan Kantor Nagari Koto Bangun. Acara tersebut dihadiri oleh Camat Kec. Kapur IX yang diwakili oleh Kasi Kesos, PD/ PLD Kapur IX, Ketua Bamus yang diwakili oleh Sekretaris Bamus, KPM, Ketua PKK, Bidan Desa, Wali Nagari dan Perangkat Nagari Koto Bangun, Narasumber dan Peserta Penyuluhan Kelas ibu Hamil dan Calon Pengantin.

Pada penyuluhan kelas ibu hamil dan calon pengantin ini wali nagari beserta perangkat dan Bamus telah mengalokasikan dana desa untuk ibu hamil di Nagari Koto Bangun. Hal ini berguna untuk meningkatkan perkembangan kesehatan bayi  beserta orang tua agar minimnya angka stunting di Nagari Koto Bangun. Proses kehamilan bisa jadi momen yang membingungkan bagi sebagian perempuan, apalagi bagi calon pengantin.

Kegiatan penyuluhan kelas ibu hamil dan calon pengatin ini dilakukan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Muaro Paiti, Korlap KB Kec. kapur IX dan Bidan Desa. Kegiatan ini diikuti oleh ibu hamil dan calon pengantin di Nagari Koto Bangun. Hal ini bertujuan agar setiap ibu hamil dan calon penganti dapat bertanya dan mengungkapkan pendapat mengenai pengalaman kehamilannya masing-masing. Para ibu hamil dan calon pengantin juga menjadikan momen ini sebagai sarana untuk konsultasi kehamilan.

Penyuluhan kelas ibu hamil bisa dijadikan kelompok belajar bagi para ibu hamil maupun calon pengantin. Tujuan kegiatan penyuluhan kelas ibu hamil diantaranya yaitu meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh, keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir dan Akta kelahiran. Adapun manfaat penyuluhan ibu hamil bagi ibu hamil dan calon pengantin merupakan sarana untuk mendapatkan teman, bertanya, mampu mempraktekkan, serta membantu ibu dalam menghadapi persalinan dengan aman dan nyaman.

pada saat kandungan trimester 1 struktur tubuh dan sistem organ janin berkembang. Terjadi perubahan besar pada tubuh ibu yang sering mengalami bebagai gejala, seperti mual-mual, muntah, mudah lelah serta emosional, sering buang air kecil, dan nyeri pada payudara. Sebagian besar kasus keguguran dan cacat lahir terjadi pada periode ini. selanjutnya pada trimester 2 kehamilan ini, banyak gejala yang tidak nyaman dari trimester 1 yang hilang. ibu sudah jarang mengalami mual-mual atau muntah, tidur sudah mulai nyaman dan tidak mudah lelah. tetapi masih beberapa gejala baru yang mungkin mengganggu, seperti kram kaki, sakit punggung dan perut serta sudah ada pergerakan janin. Pada Trimester 3, saat ibu sudah berharap-harap cemas akan kelahiran buah hatinya. Aktivitas fisik akan mulai terhambat karena kondisi tubuh ibu. Ada beberapa gejala yang mungkin terjadi, seperti susah tidur, sesak nafas,wasir, dan varises.

Solusi yang dapat dilakukan ketika mengalami trimester kehamilan yang terdiri dari:

1. ibu hamil tidak boleh stres apalagi menangis

2. Suami harus lebih perhatian kepada istri karena pada masa kehamilan istri lebih sensitif

3. Dianjurkan makan dalam porsi kecil tetapi harus sering

4. Ibu hamil dianjurkan kapsul penambah darah sesuai dengan panduan Buku KIA selama 9 bulan

5. Mengonsumsi buah dan sayur

Semoga dengan diadakan sosialisai tentang penyuluhan kelas ibu hamil dan calon pengantin dapat memberikan manfaat serta bisa diterapkan untuk kedepannya. (admin)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Sinergi Program

LAYANAN MANDIRI KEMENKEU SMART DUKCAPIL
KEMENDAGRI KEMENSOS BPJS
PPID 50 KOTA INFO COVID KOMINFO
Lapor SPT Tahunan

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:240
    Kemarin:1.100
    Total Pengunjung:258.042
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.225.221.151
    Browser:Tidak ditemukan

Wilayah Nagari

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jorong I Nagari Koto Bangun
Nagari : Koto Bangun
Kecamatan : Kapur IX
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26273
Telepon : 08116614411
Email : nagarikotobangun2002@gmail.com